Kamis, 18 Mei 2017

ISOLASI MIKROBA



Tahu nggak isolasi mikroba itu apa ?

Isolasi mikroba adalah proses memindahkan mikroba dari lingkungan asalnya ke media buatan dengan menggunakan ose bulat. Nah, tujuan dari isolasi mikroba itu sendiri untuk memperoleh biakan murni, yang dimaksud dengan biakan murni ialah hanya satu jenis mikroba saja yang tumbuh di media tersebut, tidak ada mikroba lain.  Sehingga saat proses isolasi diperlukan kondisi yang aseptis agar benar-benar didapatkan biakan yang murni.


Terus metode apa saja yang dapat digunakan untuk mengisolasi mikroba ?

Perlu kita ketahui, ada beberapa cara atau metode yang digunakan untuk mengisolasi mikroba, diantaranya adalah metode gores dan metode tusuk. Nah, ada beberapa jenis pola atau teknik dalam metode gores yaitu goresan radian, goresan kuadran, goresan persegi, goresan T, dan goresan sinambung. Metode gores dilakukan dengan menggoreskan mikroba ke media pada cawan petri atau tabung reaksi yang berisi agar miring menggunakan ose bundar untuk mendapatkan koloni yang terpisah dengan teknik goresan yang diinginkan.  Penggoresan pola dilakukan satu kali dan tidak berdempetan antara satu goresan dengan goresan lainnya, sehingga koloni terpisah dan dapat dilihat dengan jelas. Sedangkan metode tusuk dilakukan pada tabung reaksi yang berisi agar tegak menggunakan ose jarum. Agar tegak  memiliki luas permukaan yang kecil untuk pertumbuhan mikroba. Agar tegak dapat menumbuhkan mikroba anaerob, aerob fakultatif dan mikroaerofil. Agar tegak digunakan untuk menguji gerak bakteri secara mikroskopis.

Jenis mikroba apa sih yang dapat kita gunakan dalam mengisolasi mikroba ?

Dalam mengisolasi mikroba kita dapat menggunakan bakteri Lactobacillus casei untuk memperoleh biakan murni. Nah,  Lactobacillus casei itu sendiri merupakan Bakteri Asam Laktat (BAL) karena menghasilkan asam laktat sebagai produk akhir fermentasi. Lactobacillus casei banyak digunakan dalam produk makanan dan minuman karena merupakan bakteri probiotik yang dapat meningkatkan kekebalan dan keadaan fisiologis tubuh juga dapat membantu menjaga kesehatan usus. Lactobacillus casei berbentuk batang atau basil, tidak berspora, dan tidak motil.

So, bagaimana sih cara mengisolasi mikroba ?
Isolasi mikroba dapat dilakukan pada cawan petri dan tabung reaksi. Untuk isolasi pada cawan petri, media dituang ke dalam cawan petri sebanyak ¾ volume cawan petri, kemudian media ditunggu hingga mengeras. Koloni yang digunakan diambil menggunakan ose bundar kemudian digoreskan pada permukaan media dengan pola yang diinginkan. Setelah digoreskan, cawan petri dibungkus menggunakan kertas bekas kemudian diinkubasi.
Nah, sedangkan isolasi pada tabung reaksi yaitu dengan menuang media ke dalam dua tabung reaksi, satu tabung reaksi untuk media agar miring dan tabung reaksi lain untuk media agar tegak, kemudian media ditunggu hingga mengeras. Koloni bakteri yang sebelumnya telah diinkubasi diambil menggunakan ose bundar kemudian digoreskan pada permukaan media agar miring dengan pola zig-zag, setelah itu koloni bakteri diambil lagi menggunakan ose jarum kemudian ditusukkan pada media agar tegak. Setelah diisolasi, mulut tabung reaksi ditutup menggunakan kapas dan aluminium foil kemudian diinkubasi.

3 komentar: